GLENNY VIRGIAWAN, A0115006 (2019) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA JALAN KI MANGUN SARKORO SURAKARTA DENGAN METODE NAASRA DAN SNI Pd T-14-2003. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
Jurnal Glenny New.pdf Download (454kB) |
Abstract
Dalam perencanaan perkerasan jalan ada beberapa jenis yang bisa digunakan yaitu perkerasaan kaku ( Rigid Pavement ) dan perkerasan lentur ( Flexible Pavement). Perkerasaan kaku adalah perkerasan jalan yang bahan pengikat nya beton semen, sedangkan perkerasan lentur adalah perkerasan yang bahan pengikatnya adalah aspal. Dan pada perencanaan perkerasaan jalan Ki Mangun Sarkoro digunakan metode perkerasaan kaku ( Rigid Pavement ). Perencanaan dimulai dengan menentukan LHR ( Lalu Lintas Harian Rata-rata ), kemudian mengukur panjang ruas jalan Ki Mangun Sarkoro Surakarta pada STA 0 ± 100 – 1 ± 200, dan kemudian mengolah data tersebut menggunakan metode NAASRA ( National Association of Australian State Road Authorities ) dan pada metode SNI Pd T-14-2003. Dan berdsarkan hasil yang di olah menggunakan perencanaan metode NAASRA, didapat JSKN ( Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga ) sebesar 5.1 x 107, nilai CBR tanah dasar 4,95% dan nilai K adalah 39kPA/mm, maka tebal perkerasaan dengan metode NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities ) diperoleh ketebalan pelat 170mm, sedangkan dalam metode SNI Pd T-14-2003 didapatkan JSKN sebesar 2,9 x 107 dan CBR tanah dasar sebesar 4,5% diperoleh ketebalan pelat sebesar 170mm. Dan diameter tulangan dapat diketahui sebesar 13mm dengan jarak 1219mm.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Kaku, NAASRA, SNI Pd T-14-2003 |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 03:11 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 03:11 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1008 |
Actions (login required)
View Item |