Fajar Nugraha, D0314033 and Pembimbing 1 Drs. Herywansyah M.Or, NIDN. 0622105801 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 (2019) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGLANGU TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
Jurnal Role Playing.pdf Download (112kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bertema memahami isi cerpen di kelas V SD Negeri 1 Karanglangu Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Karanglangu. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukan pada pra siklus yang mendapatkan nilai sesuai kkm atau tuntas sebanyak 8 siswa dengan presentase 36,3%, pada siklus I sebanyak 13 siswa dengan presentase 59,1%,pada siklus II sebanyak 20 siswa dengan presentasi 90,9%. Dari ketiga siklus tersebut ada peningkatan hasil belajar pada siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Playing,Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 26 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 26 May 2023 04:29 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1082 |
Actions (login required)
View Item |