ZUL ALFIANTO, D0315009 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS V PADA SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KEMIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
ARTIKEL.pdf Download (391kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa yang meliputi sikap, keterampilan, dan hasil belajar pada sub tema manusia dan lingkungan siswa kelas V SD Negeri 01 Kemiri tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri 01 Kemiri yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknis analasis model deskriptif interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan nilai rata-rata kinerja guru sebesar 50% pada pra siklus meningkat menjadi 63,88% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 83,33% pada siklus II. Nilai rata-rata kompetensi sikap siswa sebesar 1,91 pada pra siklus meningkat menjadi 2,32 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 2,81 pada siklus II. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan siswa sebesar 1,85 pada pra siklus meningkat menjadi 2,28 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 2,71 pada siklus II. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, nilai rata-rata kinerja guru sebesar 55,5% pada pra siklus meningkat menjadi 69,44% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 91,66% pada siklus II. Nilai rata kompetensi sikap siswa sebesar 1,97 pada pra siklus meningkat menjadi 2,42 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 3,02 pada siklus II. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan siswa sebesar 1,95 pada pra siklus meningkat menjadi 2,43 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 2,97 pada siklus II. Meningkatnya kompetensi sikap dan keterampilan siswa maka berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 59,5 meningkat menjadi 70,5 pada siklus I dan meningkat menjadi 84 pada siklus II. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam nilai rata-rata siswa sebesar 51,5 pada pra siklus meningkat menjadi 72 pada siklus I, dan meningkat menjadi 88 pada siklus II. Berdasarkan hasil nilai kinerja guru, dan kompetensi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas V SD Negeri 01 Kemiri pada sub tema manusia dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivisme, Kompetensi Siswa, Sub Tema Manusia dan Lingkungan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 26 May 2023 04:40 |
Last Modified: | 26 May 2023 04:40 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1084 |
Actions (login required)
View Item |