UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SRIMULYO II GONDANG SRAGEN TAHUNPELAJARAN 2017/2018

Adhitya Fajar Nugroho, D0314021 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SRIMULYO II GONDANG SRAGEN TAHUNPELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Menulis Karangan Narasi.pdf

Download (114kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi dengan menggunakan picture and picture pada siswa kelas V SD Negeri Srimulyo II Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Srimulyo II Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018.. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada saat pra tindakan nilai rata-rata sebesar 64,1 pada siklus I meningkat menjadi 71,3, dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 97,5. Sedangkan untuk prosentase ketuntasan siswa menurut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, pada saat pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 38,9% dari jumlah keseluruhan 18 siswa. Pada siklus I prosentase meningkat sebesar 77,7%yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 38,9% pada saat pra tindakan, meningkat menjadi 14 siswa atau sebesar 77,7% pada saat siklus I dari jumlah keseluruhan siswa 18 siswa. Pada siklus II prosentase ketuntasan kembali menunjukkan peningkatan sebesar 22,3% yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau sebesar 77,7% pada saat siklus I, meningkat menjadi 18 siswa atau sebesar 100% pada saat siklus II dari jumlah keseluruhan 18 siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture And Picture, Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:42
Last Modified: 05 Jun 2023 06:42
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item