PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IIB SD NEGERI SIBELA TIMUR MOJOSONGO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

METARI HANDAYANI, D0315022 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IIB SD NEGERI SIBELA TIMUR MOJOSONGO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Artikel MEtari .pdf

Download (321kB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah melalui media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi dan kegunaannya dikelas IIB semester II SD Negeri Sibela Timur Mojosongo Surakarta Tahun Pelajaran 208/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) artinya penelitian berbasis kelas, tindakan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IIB SD Negeri Sibela Timur Mojosongo Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa dengan rincian 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu melalui deskriptif kompratif membandingkan hasil observasi kondisi awal dengan setelah menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dan indikator-indikator yang telah diterapkan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas IIB SD Negeri Sibela Timur Mojosongo Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa materi sumber energi dan kegunaannya sebesar (64,06) dengan presentase 31,25%. Pada siklus I meningkat menjadi (75,16) dengan presentase 74,19%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi (83,38) presentase 93,54%. Peningkatan hasil belajar IPA melalui media gambar dapat dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dikelas IIB sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, pengguanaan media gambar tepat diterapkan dalam pembelajarn IPA khususnya materi sumber energi dan kegunaannya berdampak pada peningkatan kinerja peneliti, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IIB SD Negeri Sibela Timur Mojosongo Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Langsung, IPA, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:54
Last Modified: 05 Jun 2023 06:54
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item