PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL PASSING BAWAH PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SD NEGERI 1 TAMBIREJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2020/2021

PUGUH AJI PRAYUDA, D0414014 (2022) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL PASSING BAWAH PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SD NEGERI 1 TAMBIREJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2020/2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Artikel Skripsi Puguh Aji Penjas D0414014.pdf

Download (202kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan passing bawah pada siswa putri ekstrakurikuler bola voli SD Negeri 1 Tambirejo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui seberapa besar hasil peningkatan passing bawah menggunakan pendekatan pembelajaran langsung. (3) Untuk mengetahui hasil peningkatan passing bawah dengan pendekatan pembelajaran tidak langsung. (4) Untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif digunakan untuk melakukan pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa putri ekstrakurikuler bola voli SD Negeri 1 Tambirejo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri peserta ekstrakurikuler bola voli SD Negeri 1 Tambirejo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 siswa, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive sampling dari jumlah populasi yang ada untuk menjadi sampel harus memenuhi ketentuan. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 sebanyak 15 siswa, mendapat perlakuan pembelajaran langsung dan kelompok 2 sebanyak 15 siswa, mendapat perlakuan pembelajaran tidak langsung. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran menggunakan petunjuk tes keterampilan passing bawah bola voli. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dan persentase peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran langsung dan tidak langsung, Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir antara kelompok 1 dan kelompok 2 yaitu thitung sebesar 26,666 lebih besar dari pada ttabel= 2,145 (2) Pendekatan pembelajaran langsung memiliki peningkatan sebesar 37,06% (3) Pendekatan pembelajaran tidak langsung memiliki peningkatan sebesar 26,55% (4) Pembelajaran langsung lebih efektif dari pada pembelajaran tidak langsung, dilihat berdasarkan dari hasil persentase kemampuan passing bawah yang menunjukkan bahwa kelompok 1 sebesar 37,06% > kelompok 2 sebesar 26,55%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan > jasmani dan kesehetan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:10
Last Modified: 08 Sep 2023 03:44
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item