Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Sepanjang Tawangmangu Tahun Ajaran 2017/2018

ADHIYA NUR IZZATURRAHMA, D0314005 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Eny Kusumawati, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 361 (2018) Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Sepanjang Tawangmangu Tahun Ajaran 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL_ADHIYA NUR IZZATURRAHMA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi energi panas dan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN 03 Sepanjang tawangmangu tahun ajaran 2017/2018. Dalam kegiatan penelitian ini peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui dua siklus perbaikan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perbaikan pembelajaran dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Mencapai ketuntasan belajar mengalami peningkatan yang signifikan, untuk aspek pengetahuan dari mulai prasiklus ke siklus I naik dari 17,86% menjadi 28,57%, dan dari siklus I ke siklus II naik dari 28,57% menjadi 89,28%. Dan jika dilihat dari hasilpenelitian aspek pemahaman mulai dari prasiklus ke siklus I hanya sedikit mengalami kenaikan, tetapi pada siklus II naik mencapai 100%. Dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model discovery learning maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa memahami energi panas dan bunyi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, discovery learning, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:44
Last Modified: 08 Jun 2023 04:44
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item