PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TUNGGULSARI II NO.179 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

DIMAS ANANG SETIAWAN, D0314038 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TUNGGULSARI II NO.179 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Langsung.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kinerja peneliti dalam proses pembelajaran setelah diadakannya tindakan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata kinerja peneliti pada pra siklus sebesar 57,5%, pada siklus I yang mana dalam pembelajaran peneliti menggunakan model pembelajaran langsung, maka terjadi peningkatan kinerja peneliti menjadi 72,5%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 92,5%. Begitupula dengan aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 40,5% sedangkan pada siklus I yang mana dalam pembelajaran peneliti menggunakan model pembelajaran langsung, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 64,5%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 92,8%. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, berdampak pada keterampilan menulis siswa, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata aksara Jawa ngleghena pada pra siklus 64,6, meningkat pada siklus I menjadi 73,9 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 86,5. Sandhangan aksara Jawa pada pra siklus 66,12, meningkat pada siklus I menjadi 72,18 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 87,02. Pasangan aksara Jawa pada pra siklus 65,67, meningkat pada siklus I menjadi 73,65 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 88,1. Nilai tersebut sudah mencapai nilai ketuntasan yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu 80. Penggunaan model pembelajaran langsung tepat diterapkan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa yang berdampak pada peningkatan kinerja peneliti, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis aksara Jawa oleh siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran langsung, keterampilan menulis aksara Jawa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:24
Last Modified: 08 Jun 2023 07:24
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item View Item