Riestyo Bandoro, D0314015 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN SAYANGAN NO.244 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
Artikel Publikasi.pdf Download (133kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tidakan yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang bertema perubahan lingkungan di kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV di SD IV Negeri Sayangan No.244 Tahun Ajaran 2017/2018. Bentuk oenelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan pada pra siklus yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 12 siswa dengan prosentase 45%, pada siklus I yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 14 siswa dengan prosentase 52%, pada siklus II yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 17 siswa dengan prosentase 62%. Dari ketiga siklus tersebut ada peningkatan hasil belajar pada siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Bamboo Dancing, Hasil Belajar,IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:29 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 07:29 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1121 |
Actions (login required)
View Item |