UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SRIMULYO 2 KECAMATAN GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Heri Suranto, D0314032 and Pembimbing 1 Drs. Herywansyah M.Or, NIDN. 0622105801 and Pembimbing 2 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SRIMULYO 2 KECAMATAN GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (35kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Teams Games Tournament di kelas IV SD Negeri Srimulyo 02 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian yang meliputi empat tahapan,, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Empat tahapan itu membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Srimulyo 02 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada saat pra tindakan nilai rata-rata sebesar 49,2 pada siklus 1 meningkat menjadi 60,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,5. Sedangkan untuk prosentase ketuntasan siswa menurut Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) yaitu 69, pada saat pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 26,3 % dari jumlah keseluruhan 19 siswa. Pada siklus I presentase meningkat sebesar 31,5% yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 26,3% pada saat pra tindakan, meningkat menjadi 6 siswa atau sebesar 31,5 % pada saat siklus 1 dari jumlah keseluruhan 19 siswa. Pada siklus II Prosentase ketuntasan kembali menunjukkan peningkatan sebesar 58% yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau sebesar 31,5 % pada siklus I, meningkat menjadi 17 siswa atau sebesar 89,5% pada saat siklus II dari jumlah keseluruhan 19 siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 09 Jun 2023 05:48
Last Modified: 09 Jun 2023 05:48
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item