UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS III SD NEGERI SUMBER V NO.254 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

Fiddyah Dwi Rahmawati, D0314027 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS III SD NEGERI SUMBER V NO.254 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL FIDDYAH.pdf

Download (190kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkungan sehat dan lingkungan tidak pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sumber V No.254 Surakarta yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus melalui empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Tempat dilaksanakan penelitian ini di SD Negeri Sumber V No.254 Surakarta. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyeknya adalah seluruh siswa kelas III. Sumber data penelitian berasal dari hasil wawancara, hasil belajar IPA. Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk data aktivitas siswa dan guru, dokumen untuk data proses pembelajaran, dan tes untuk data hasil belajar. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisi metode media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan media audio visual dalam pembelajaran IPA pada materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media audio visual. Hal ini dilihat dari prosentase kenaikan nilai IPA siswa kelas III SDN Sumber V No.254 Surakarta dari pratindakan,siklus I,siklus II, pada saat pratindakan siswa yang mendapat nilai minimal 65 ada 5 atau 27,78% dari 18 siswa, pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 65 ada 9 siswa atau 50% dari 18 siswa, dan pada siklus II siswa yang mendapat nilai minimal 65 ada 14 siswa atau 83,33% dari 18 siswa. Dari pratindakan kemudian dilaksanakan siklus I, pemahaman konsep siswa mengalami prosentase kenaikan 22,22%, dan dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II mengalami prosentase kanaikan 33,33%. Dengan demikian direkomendasikan dalam pembelajaran IPA dengan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat pada siswa kelas III SDN Sumber V No.254 Surakarta pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018 / 2019.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, media audio visual
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 09 Jun 2023 05:59
Last Modified: 09 Jun 2023 05:59
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item