UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS IV C SD NEGERI SONDAKAN NO. 11 KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saleh Prabawa, D0313020 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS IV C SD NEGERI SONDAKAN NO. 11 KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL PTK.pdf

Download (217kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No. 11 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C SD Negeri Sondakan No. 11 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada akhir siklus II yaitu dari 28 siswa minimal 80% memperoleh nilai di atas 75. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan pembelajaran metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa, dari 28 siswa hanya 16 siswa (57,14%) yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75, sedangkan 12 siswa (42,86%) memiliki nilai tidak tuntas atau di bawah KKM, dengan rata-rata kelas sebesar 71,07. Pada siklus II jumlah siswa yang sudah tuntas mencapai KKM bertambah, siswa yang sudah tuntas yaitu sebanyak 25 anak, sedangkan siswa yang belum tuntas yaitu sebanyak 3 siswa dengan rata-rata sebesar 79,79.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Inquiri, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:53
Last Modified: 21 Jun 2023 05:53
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item