PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 DONOHUDAN KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syarifatul Laili Firdhaus, D0313007 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 DONOHUDAN KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Negeri 3 Donohudan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian yang meliputi empat tahapan, yaitu dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain : reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Donohudan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada saat pra tindakan nilai rata-rata sebesar 61,21, pada siklus I meningkat menjadi 72,73, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,91. Sedangkan untuk prosentase ketuntasan siswa menurut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 68, pada saat pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 39,39 % dari jumlah keseluruhan 33 siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan menunjukkan peningkatan sebesar 30,3 % yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 39,39 % pada saat pra tindakan, meningkat menjadi 23 siswa atau sebesar 69,69 % pada saat siklus I dari jumlah keseluruhan 33 siswa. Pada siklus II prosentase ketuntasan kembali menunjukkan peningkatan sebesar 18,19 % yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau sebesar 69,69 % pada saat siklus I, meningkat menjadi 29 siswa atau sebesar 87,88 % pada saat siklus II dari jumlah keseluruhan 33 siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:04
Last Modified: 21 Jun 2023 06:04
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item