PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY PEMBELAJARAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SOMOMORODUKUH 2 KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Bahtiar Dwi Novianto, D0313027 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2017) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY PEMBELAJARAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SOMOMORODUKUH 2 KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL FIX.pdf

Download (438kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Dengan Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Somomorodukuh 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) artinya penelitian berbasis kelas, tindakan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri Somomorodukuh 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 37 siswa dengan rincian 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu melalui deskripsi komparatif membandingkan hasil dari observasi kondisi awal dengan setelah menggunakan metode Penemuan (Discovery). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, maka hipotesis yang berbunyi“ Penggunaan metode pembelajaran Penemuan (Discovery) dapat meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Somomorodukuh 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017”. Hal ini dapat dilihat pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya siswa sebesar 47,86 dengan prosentase ketuntasan 27,02%.Pada siklus I meningkat menjadi 64,81 dengan prosentase ketuntasan 56,75%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,97 dengan prosentase ketuntasan 86,48%. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Penemuan Discovery dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas V sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas, IPA, metode discovery
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:13
Last Modified: 21 Jun 2023 06:13
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item