PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TANJUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Deti Maeda Triwardani, D0313006 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2017) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TANJUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI pdf siap.pdf

Download (396kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 2 Tanjungharjo Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016/2017. (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 2 Tanjungharjo Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dan sebelum adanya tindakan tersebut peneliti melakukan pengamatan pada saat pra siklus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Tanjungharjo. Jumlah siswa kelas V SD Negeri 2 Tanjungharjo Tahun 2017 adalah 35 yang terdiri 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil penelitian dapat disimppulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, dibuktikan dari peningkatan Hasil keterampilan guru selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu pada kondisi awal rata-rata skor yang diperoleh guru adalah 1,8 dengan kriteria kurang, meningkat menjadi 2,7 dengan kriteria baik pada siklus I kemudian menjadi 3,35 dengan kriteria sangat baik pada tidakan siklus II. Aktivitas siswa pada kondisi awal memperoleh rata-rata 1,6 dengan kriteria kurang, kemudian meningkat menjadi 3,05 dengan kriteria baik pada tindakan siklus I dan meningkat lagi menjadi 3,65 dengan kriteria sangat baik pada tindakan siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, terlihat dari perolehan nilai rata-rata yang selalu meningkat dari kondisi awal mendapat nilai 61,14 rata-rata dengan presentase ketuntasan klasikal 40%, kemudian meningkat pada tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 74,14 dengan presentase ketuntasan klasikal 74,28% , dan pada tindakan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 80,14 dengan presentase ketuntasan klasikal 88,57%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Kualitas Pembelajaran IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:45
Last Modified: 22 Jun 2023 03:45
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item