PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGDUREN, KECAMATAN KEBONARUM, KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017.

NUGROHO BUDIONO, D0313024 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGDUREN, KECAMATAN KEBONARUM, KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan melaksanakan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA dengan metode Mind Mapping pada siswa kelas V SD N 1 Karangduren, kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2016/20017. Pelaksanaan penelitian ini bertempat di SD N 1 Karangduren, kebonarum, klaten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 siswa. Mekanisme pelaksanaan Penelitian tindakan Kelas ini berlangsung dalam dua siklus dengan 2 kali pertemuan di setiap siklusnya dan setiap siklus terdapat 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes ( dokumentasi dan observasi ). Validitas yang digunakan peneliti ini ada tiga metode, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangduren. Peningkatan tersebut dapat tercapai melalui modifikasi pada pelaksanaannya berupa: penyampaian materi dengan metode mind mapping yang dimodifikasi, tanya jawab materi dengan melibatkan siswa secara akif, membuat dan mengkreasikan catatan dengan bentuk mind map dengan didampingi guru dan peneliti, mempresentasikan hasil mind map siswa dengan cara memilihnya secara acak, serta melakukan refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa pada akhir pembelajaran. Berdasarkan pelaksanakan siklus I pada mata pelajaran IPA dengan materi mengenal struktur bumi dengan menggunakan metode mind mapping dikatakan belum berhasil. Hal ini dapat terlihat dari nilai yang diperoleh siswa adalah dari 26 siswa hanya 19 orang yang telah memenuhi KKM sehingga pencapain secara klasikal hanya 73,07%. Pada siklus II mengalami peningktan dari 26 siswa hanya 2 (7,70%) yang tidak mencapai target KKM yang ditetapkan, dan sebaliknya 24 siswa (92,30 %) mencapai target yang di tetapkan. Hasil belajar pada siklus II berada dala katagori sangat baik

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Metode Mind mapping
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:49
Last Modified: 22 Jun 2023 03:49
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item