NURMA SAPUTRI, D0313029 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KUWIRAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
JURNAL nurma.pdf Download (255kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar proses terbentuknya tanah. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Kuwiran Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017, sejumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah periode pengumpulan, reduksi data, display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Seluruh siswa mengikuti pelajaran dengan penuh semangat, tidak ada yang malas atau kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran IPA. Keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat juga semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal adalah 61,5 dengan presentase ketuntasan 35%, kemudian pada siklus I diperoleh rata-rata siswa sebesar 74 dengan presentase ketuntasan 60% dan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa sebesar 85,5 dengan presentase ketuntasan 85%.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 03:58 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 03:58 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1136 |
Actions (login required)
View Item |