ESTIATI PARANTIARNO, D0313008 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 (2017) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV B SD NEGERI SONDAKAN NO.11 LAWEYAN,SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
JURNAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAALLLLL.pdf Download (196kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pembealajaran IPA siswa kelas IV B SD Negeri Sondakan No.11 Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari 29 siswa. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Make a Match. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran IPA setelah diadakan tindakan kelas dengan Model Make A Match. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I nilainya 63, 83% dengan criteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 72,76% dengan kriteria baik. Kedua nilai rata-rata kegiatan guru pada siklus I nilainya 75,73% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 90,43% dengan kriteria sangat baik. Ketiga ada peningkatan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam setelah diadakan tindakan kelas dengan Model Make A Match. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada pra tindakan nilai rata-rata 65,17 dengan ketuntasan klasikal 41,37%. Pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 70,51 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 65,51%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,34 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 89,65%
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model make a match, hasil belajar IPA. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 04:14 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 04:14 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1138 |
Actions (login required)
View Item |