PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 ALASTUWO KABUPATEN KARANGAYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Raditya Sandro Alfian, D0313033 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 ALASTUWO KABUPATEN KARANGAYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Penelitian_Raditya Sandro Alfian.pdf

Download (184kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas IV SD Negeri 03 Alastuwo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik Kelas IV SD Negeri 03 Alastuwo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 peserta didik yang terdiri 11 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki-laki. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Alastuwo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran guided inquiry meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, seluruh siswa mengikuti pelajaran dengan penuh semangat, tidak ada yang malas atau kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran IPA. Keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat juga semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal adalah 53,32 dengan presentase ketuntasan 22,7%, kemudian pada siklus I diperoleh rata-rata siswa sebesar 68,95 dengan presentase ketuntasan 63,6% dan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa sebesar 80,05 dengan presentase ketuntasan 81,8%. Penggunaan model pembelajaran guided inquiry dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan energi dan penggunaanya efektif meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Alastuwo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Implikasi yang disampaikan dalam penelitian ini bahwa kombinasi metode pembelajaran dan keaktifan belajar perlu dikembangkan, sehingga dengan adanya metode pembelajaran yang lebih baik akan semakin meningkatkan interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan belajar dengan hasil belaja.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, guided inquiry dan model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:20
Last Modified: 22 Jun 2023 04:20
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item