PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI PLUMBON TAHUN AJARAN 2018/2019

Widya Retna Dwi. A, D0315012 and Pembimbing 1 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI PLUMBON TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Course Review Horay.pdf

Download (115kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada siswa kelas II SD Negeri Plumbon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan course review horay dapat meningkatkan hasil belajar perkalian dan pembagian pada siswa kelas II SD Negeri Plumbon Tahun Pelajaran 2018/2019.. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada saat pra tindakan nilai rata-rata sebesar 52,25 pada siklus I meningkat menjadi 65,25, dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 76,5. Sedangkan untuk prosentase ketuntasan siswa menurut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, pada saat pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 30% dari jumlah keseluruhan 20 siswa. Pada siklus I prosentase meningkat sebesar 60 % yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 30% pada saat pra tindakan, meningkat menjadi 12 siswa atau sebesar 60% pada saat siklus I dari jumlah keseluruhan siswa 20 siswa. Pada siklus II prosentase ketuntasan kembali menunjukkan peningkatan sebesar 30% yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau sebesar 60% pada saat siklus I, meningkat menjadi 18 siswa atau sebesar 90% pada saat siklus II dari jumlah keseluruhan 20 siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:59
Last Modified: 03 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item