PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI JATIREJO KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Baron Hermanto, D0313016 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI JATIREJO KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL BARON HERMANTO (D0313016).pdf

Download (482kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara dengan menggunakan model bermain peran pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing terdiri atas empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dalam satu spiral yang saling berkaitan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara dengan menggunakan model bermain peran pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II. Kenaikan hasil belajar peserta didik pra siklus sebesar 36.84% kenaikan hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 73,68% dan hasil belajar pada siklus II sebesar 89,47%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Bahasa Indonesia, model role playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:38
Last Modified: 03 Jul 2023 06:38
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item