PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIMETRI SISWA KELAS Vc SD NEGERI SONDAKAN NO 11 LAWEYAN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ADITYA DHARMAWAN, D0313011 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIMETRI SISWA KELAS Vc SD NEGERI SONDAKAN NO 11 LAWEYAN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
artikel cd.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sondakan No 11 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dan siswa, pedoman tes dan kamera. Data dan sumber data yang digunakan adalah data hasil kegiatan siswa, data hasil observasi kemampuan guru, dan data hasil belajar matematika melalui model NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas Vc SD Negeri Sondakan No 11 Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian, Pada tahap pra siklus hasil belajar siswa adalah 59,16%. Untuk pembelajaran siklus I hasil belajar siswa dalam pembelajaran siklus I yang dilakukan peneliti, hasil belajar siswa adalah 65,20%. Pada pembelajaran siklus I mengalami peningkatan dari pra tindakan. Pada pembelajaran siklus II, ketuntasan belajar siswa adalah 86,66%. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan dari siklus I Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model NHT (Numberred Heads Together) pada pembelajaran matematika materi kesebangunan dan simetris dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sondakan No 11 Surakarta. Untuk itu guru hendaknya menerapkan model yang tepat untuk pembelajaran matematika seperti model NHT (Numberred Heads Together) untuk materi lainnya agar hasil belajar siswa bisa terus meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, model nht (numbered heads together)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:54
Last Modified: 03 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item