PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU DI SD NEGERI 01 GUWO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019

MEITA HENITA, D0315018 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2019) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU DI SD NEGERI 01 GUWO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Artikel Meita.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas IV pada sub tema hebatnya cita-citaku di SD Negeri 01 Guwo kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dengan subjek penelitiannya siswa kelas IV SD Negeri 01 Guwo yang terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukka bahwa rata-rata kelas pada kompetensi sikap saat pra siklus adalah 1.30 dengan kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 2.03 dengan kategori cukup, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 2.65 dengan kategori baik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam saat pra siklus adalah 1.32 dengan kategori kurang, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 2.08 dengan kategori cukup dan meningkat lagi pasa siklus II sebesar 2.67 dengan kategori baik. Peningkatan hasil nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikegiatan pra siklus adalah 35.48%, meningkat pada siklus I menjadi 71.875%, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 82.5%. Sedangkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikegiatan pra siklus adalah 31.25%, meningkat pada siklus I menjadi 68.75%, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 85%. Peningkatan nilai rata-rata kompetensi keterampilan yang diperoleh siswa pada pra siklus sebesar 1.31 dengan kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 2.09 dengan kategori cukup, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 2.60 dengan kategori baik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan nilai rata-rata kompetensi keterampilan yang di peroleh siswa pada pra siklus sebesar 1.30 dengan kategori kurang, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 2.19 dengan kategori cukup dan meningkat lagi pasa siklus II sebesar 2.67 dengan kategori baik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas IV pada sub tema hebatnya cita-citaku di SD Negeri 01 Guwo kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif tipe STAD, Kompetensi Siswa, Sub Tema Hebatnya Cita-Citaku.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:10
Last Modified: 03 Jul 2023 07:10
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item