PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN TIGA ANGKAPADA SISWA KELAS III SD NEGERI SOKO 3 KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Pupus Hikmah Ayu Arum Ndalu, D0314018 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN TIGA ANGKAPADA SISWA KELAS III SD NEGERI SOKO 3 KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL FIKS.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka pada siswa kelas III SD Negeri Soko 3 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas III SD Negeri Soko 3 yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian presentase hasil kinerja guru selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu pada pra siklus nilai rata-rata skor yang diperoleh guru adalah 41,67%, meningkat menjadi 65% pada tindakan siklus I kemudian menjadi 90% pada tindakan siklus II. Dengan peningkatan kinerja guru maka berdampak pada aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata aktivitas 50,69% meningkat menjadi 68,25% pada tindakan siklus I dan meningkat menjadi 88,5% pada tindakan siklus II. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa maka berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata 48,3 meningkat menjadi 61,75 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 86,4 pada tindakan siklus II yang mana telah mencapai nilai Kentuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri Soko 3 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen yaitu 65. Berdasarkan hasil nilai kinerja guru, keaktifan belajar siswa, dan hasil belajar siswa yang meningkat, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka pada siswa kelas III SD Negeri Soko 3 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:36
Last Modified: 04 Jul 2023 02:36
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item