PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PETAK PERSEGI SATUAN DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KEYONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fajar Nur Tri Wahyuningsih, D0315001 and Pembimbing 1 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PETAK PERSEGI SATUAN DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KEYONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL FAJARRRRR.pdf

Download (233kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah :1) Meningkatkan proses pembelajaran menghitung luas persegi dan persegi panjang dan 2) Meningkatkan kemampuan menghitung luas persegi dan persegi panjang melalui penggunaan media petak persegi satuan dalam pelajaran matematika pada siswa kelas III SD N 1 Keyongan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tempat dilaksanakannya penelitian ini di SD N 1 Keyongan. Bentuk dan strategi penelitian menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas dan strategi yang digunakan dengan model siklus. Subyeknya adalah siswa kelas III. Sumber data penelitian berasal dari narasumber, hasil belajar matematika, silabus, dan rencana pelaksanan pembelajaran. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara pengamatan, diskusi atau wawancara, kajian dokumen dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan proses pembelajaran dan kemampuan siswa dalam mengitung luas persegi dan persegi panjang setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media Petak Persegi Satuan. Hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata tes hasil belajar sebelum tindakan 59, siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar 65 dan siklus II nilai rata-rata tes hasil belajar 85. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan media petak persegi satuan dapat meningkatkan proses belajar dan kemampuan siswa dalam menghitung luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SD N 1 Keyongan Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Media petak persegi satuan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:48
Last Modified: 04 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item