PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IVA SDN SONDAKAN NO.11 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Tri Wahyudi, D0314030 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IVA SDN SONDAKAN NO.11 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL TRI WAHYUDI.pdf

Download (290kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IVA SDN Sondakan No.11 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas IVA SDN Sondakan No.11 Surakarta yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan persentase keseluruhan aktivitas belajar siswa sebesar 42,35%, sedangkan pada siklus I dimana guru sudah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 61,13%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,58%. Peningkatan aktivitas belajar siswa akan berdampak pada hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas pada pra siklus 58,44, meningkat pada siklus I sebesar 69,87, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,12 yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM). Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT tepat diterapkan pada pembelajaran matematika khususnya tentang soal cerita luas persegi dan persegi panjang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:10
Last Modified: 04 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item