Rina Wulandari, D0313019 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin Priya Budi S., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2017) KRIPSIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SOMOMORODUKUH KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
JURNAL FIX.pdf Download (386kB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Somomorodukuh Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) artinya penelitian berbasis kelas, tindakan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri Somomorodukuh Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) iniya itu melalui deskripsi komparatif membandingkan hasil dari observasi kondisi awal dengan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Berdasarkan uraian hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi perkalian pecahan pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Somomorodukuh Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2017. Hasil peningkatan tersebut dapat terlihat pada prosentase nilai hasil belajar siswa pada setiap siklus yang dilakukan. Setelah diterapkan model kooeratif tipe make a match pada pembelajaran, terjadi peningkatan nilai, pada pra siklus prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika materi perkalian pecahan 30%, pada siklus I pertemuan I sudah ada peningkatan prosentase dengan prosentase ketuntasan hasil belajar sebanyak 45%. Setengah dari siswa Kelas IV nilai hasil belajarnya memenuhi KKM. Pada siklus I pertemuan II prosentase ketuntasan hasil belajar siswa kembali meningkat menjadi 60%, pada siklus II pertemuan I peningkatan semakin terlihat dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 70%, sedangkan pada siklus II pertemuan II perubahan sangat terlihat dengan kembali meningkatnya prosentase hasil belajar siswa menjadi 85%. Dalam jumlah ketuntasan siswa, sebelum diadakan tindakan jumlah siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 14 siswa dan yang tuntas ada 6 siswa. Setelah diadakan tindakan pada siklus I dan siklus II hanya 3 siswa yang belum mampu mencapai nilai KKM yaitu 70.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PembelajaranMake A Match, Hasilbelajarmatematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 03:16 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 03:16 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1170 |
Actions (login required)
View Item |