PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN I SOKOBOYO KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

FIRDA YULIANI, D0314037 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN I SOKOBOYO KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
artikel.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran materi akar pangkat dua pada siswa kelas V SDN I Sokoboyo Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas V SDN I Sokoboyo yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian persentase hasil kinerja guru selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh guru adalah 53,47 meningkat menjadi 72,00 pada tindakan siklus I kemudian menjadi 88,00 pada tindakan siklus II. Dengan peningkatan kinerja guru maka berdampak pada aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata aktivitas siswa 1,95 meningkat menjadi 3,00 pada tindakan siklus I dan meningkat menjadi 3,52 tindakan siklus II. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa maka berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata 55,40 meningkat menjadi 61,00 pada tindakan siklus I kemudian meningkat menjadi 85,40 pada tindakan siklus II yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SDN I Sokoboyo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri yaitu 62. Berdasarkan hasil kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa yang meningkat dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika materi akar pangkat dua kelas V SDN I Sokoboyo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kualitas Pembelajaran Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:21
Last Modified: 04 Jul 2023 03:21
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item