PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD N 01 BANGSRI KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Monalisa Widyanti Rosiza, D0314012 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD N 01 BANGSRI KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
artikel.pdf

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menghitung keliling dan luas bangun datar melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SD N 01 Bangsri, Karangpandan, Karanganyar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 01 Bangsri yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 14 anak laki-laki dan 26 anak perempuan. Obyek penelitian ini adalah Keterampilan Menghitung Keliling dan Luas Bangun Datar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini didapatkan dengan teknik observasi menggunakan lembar observasi, tes. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan persentase keseluruhan aktivitas belajar siswa sebesar 37,50%, sedangkan pada siklus I dimana guru menggunakan model pembelajaran langsung, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 50,00%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 97,50%. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas pada pra siklus 58,6, meningkat pada siklus I sebesar 72,5, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84,2 yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri 01 Bangsri, Karangpandan, Karanganyar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning tipe STAD, keterampilan menghitung, Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:29
Last Modified: 04 Jul 2023 03:29
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item