PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS 4 SD NEGERI 01 BANGSRI TAHUN 2018

Iput Ergin Ningsih, D0314010 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS 4 SD NEGERI 01 BANGSRI TAHUN 2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL KARYA ILMIAH.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV SD Negeri 01 Bangsri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas/teman sejawat dengan subyek penelitiannya siswa kelas IV SD Negeri 01 Bangsri yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan persentase keseluruhan aktivitas belajar siswa sebesar 57,5%, sedangkan pada siklus I dimana guru menggunakan model pembelajaran Make A Match, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 62,5%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,5%. Kinerja guru pada awal tindakan atau pra siklus menunjukkan 38,3%, pada siklus I kinerja guru sebesar 59% dan aktivitas guru pada siklus II menunjukkan 61,3%. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas pada pra siklus 72,86%, meningkat pada siklus I sebesar 79,29%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,54% yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri 01 Bangsri yaitu 75. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran Make A Match tepat diterapkan pada pelajaran Matematika khususnya materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Make A Match, Keterampilan Menghitung Matematika Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:50
Last Modified: 04 Jul 2023 03:50
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item