ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KEMIRI TAHUN AJARAN 2018/2019

HUMMAD ARROZI ROSID, D0315013 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2019) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KEMIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL ROSID.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kemiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 01 Kemiri yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilakuan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknis analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kinerja guru sebesar 50% pada pra siklus meningkat menjadi 75% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90 % pada siklus II. Nilai rata-rata kompetensi sikap siswa pada pra siklus sebesar 1,53 meningkat pada siklus I sebesar 2,23 dan meningkat menjadi 2,63 pada siklus II. Nilai rata2 pada kompetensi ketrampilan siswa pada prasiklus sebesar 1,58 lalu pada siklus I meningkat menjadi 2,27 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 2,62. Dengan peningkatan kompetensi sikap dan ketrampilan, maka berdampak pada hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar25,5 pada siklus I meningkat menjadi 63,7 dan meningkat menjadi 75,6 pada siklus II. Berdasarkan hasil nilai kinerja guru, dan kompetensi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Langsung merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas IV SD Negeri 01 Kemiri pada mata pelajaran matematika khususnya materi perkalian dan pembagian pecahan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian Pecahan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:34
Last Modified: 04 Jul 2023 05:34
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item