PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MENJUMLAH PECAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 03 JATIHARJO, PULOKULON, GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURUL ISTIKOMAH, D0313014 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2017) PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MENJUMLAH PECAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 03 JATIHARJO, PULOKULON, GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
PUBLIKASI JURNAL ILMIAH.pdf

Download (56kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) hasil belajar dalam pembelajaran matematika melalui media visual di kelas IV SD N 03 Jatiharjo, Pulokulon, Grobogan Tahun Pelajaran 1016/2017. Penelitian dilakasanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dan sebelum adanya tindakan tersebut peneliti melakukan pengamatan pada saat pra siklus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Jatiharjo. Jumlah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tahun 2017 adalah 16 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Jatiharjo. Peningkatan hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil belajar pada setiap siklusnya yaitu pada tindakan prasiklus nilai rata-rata hasil belajar siswa 64.58, siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 74.68, dan siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 87.81. Tingkat hasil belajar siswa pada prasiklus sebanyak 6 siswa atau 37.5%, pada siklus I sebanyak 10 siswa atau 62.5%, sedangkan pada siklus II sebanyak 14 siswa atau 87.5%. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25%, sedangkan peningkatan hasil belajar dari prasiklus sampai siklus II sebesar 37.5% dengan demikian dapat dikatakan pembelajaran telah sampai pada hasil belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Visual, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:43
Last Modified: 04 Jul 2023 05:43
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item