PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SRIWEDARI NO 197 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Rohmat Sigit Warsito, D0314020 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SRIWEDARI NO 197 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Penelitian.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri Sriwedari No.197 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjeknya siswa kelas V SD Negeri Sriwedari No.197 yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran siswa dalam materi KPK dan FPB setelah diadakan tindakan kelas dengan model Snowball Throwing. Ditunjukan dengan meningkatnya persentase rata-rata keterampilan guru pada pra siklus presentasenya 2,4 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus I presentasenya 3,0 dengan kriteria baik dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 3,4 dengan kriteria sangat baik. Presentase keseluruhan aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 55,64%, sedangkan pada siklus I dimana guru menggunakan model Snowball Throwing, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 66,15%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,92%. Dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas pada pra siklus 63,72, meningkat pada siklus I sebesar 74,50, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,61 yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri Sriwedari yaitu 70. Berdasarkan peningkatan hasil keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing tepat digunakan pada proses pembelajaran matematika khususnya materi KPK dan FPB, yang mana merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri Sriwedari.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaranda Snowball Throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:49
Last Modified: 04 Jul 2023 05:49
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item