UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PENCAK SILAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOVE COLOUR PADA SISWA PUTRA KELAS 4 DAN 5 SD IT ABU JAFAR TAHUN AJARAN 2020/2021

Jasmani, - (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PENCAK SILAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOVE COLOUR PADA SISWA PUTRA KELAS 4 DAN 5 SD IT ABU JAFAR TAHUN AJARAN 2020/2021. UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PENCAK SILAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOVE COLOUR PADA SISWA PUTRA KELAS 4 DAN 5 SD IT ABU JAFAR TAHUN AJARAN 2020/2021, 21 (2). ISSN 1411-8319

[img] Text
pak jasamani 2021.pdf

Download (270kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran teknik dasar pencak silat melalui model pembelajaran Move Colour pada siswa putra kelas 4 dan 5 SD It Abu Jafar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua Siklus, dengan tiap Siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian terdiri siswa putra kelas 4 dan 5 SD It Abu Jafar tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari Siswa. Pengumpulan data dengan tes unjuk kerja Ketrampilan teknik dasar pencak silat (Psikomotor), Observasi pengamatan Sikap Siswa (Afektif), dan Pengetahuan Siswa (Kognitif) yang di Rekapitulasikan selama kegiatan Proses pembelajaran berlangsung melalui model pembelajaran Move Colour. Teknik analisis data menggunakan analisis Diskriptif terhadap hasil ketuntasan hasil pembelajaran yang di dapatkan siswa. Pada penelitian kondisi awal didapatkan hasil ketuntasan pembelajaran siswa hanya 31,25 % dengan rata-rata nilai 68,68 (dibulatkan 68,7) dan setelah diadalan Tindakan I menghasilkan suatu data peningkatan siswa dalam pembelajaran teknik dasar pencak silat melalui model pembelajaran Move Colour. Ketuntasan hasil pembelajaran teknik dasar pencak silat dari Kondisi Awal ke Siklus I mengalami peningkatan sebesar 31,25 % menjadi 62,50% dengan rata-rata nilai 74,43. Dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75 % menjadi 81,25 %. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: melalui model pembelajaran Move Colour dapat meningkatkan hasil pembelajaran teknik dasar pencak silat pada siswa putra kelas 4 dan 5 SD It Abu Jafar tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pencak Silat, Model Pembelajaran, Ketuntasan Hasil Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 05 Jul 2023 05:56
Last Modified: 05 Jul 2023 05:56
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item