PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 TAWENGAN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019

MUHAMAD LATIF ABDUL MA’RUF, D0315027 and Pembimbing 1 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 TAWENGAN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ABSTRAK new.pdf

Download (135kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Berbasis Perpustakaan Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas Vdi SD Negeri 1 Tawengan Boyolali yang belum cukup berhasil dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran berbasis perpustakaan mata pelajaran IPS, respon siswa pada pembelajaran tersebut serta kendala atau masalah yang dihadapi pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif yang dilakukan di SD Negeri 1 Tawengan Boyolali, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi kepada siswa kelas V mata pelajaran IPS. Analisis data yang disajikan melalui data reduksi, data display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penerapan pembelajaran berbasis perpustakaan di sekolah dapat dilakukan pada saat jam mata pelajaran berlangsung dan diluar jam pelajaran. Pada intinya guru disini ditempatkan hanya sebagai fasilitator, motivator, dan controller dalam proses pembelajaran. Perpustakaan sebagai sumber belajar siswa dimana siswa dituntut dan diarahkan untuk menggunakan fasilitas yang ada di perpustakaan secara maksimal. Dalam penerapan metode berbasis perpustakaan ini, beberapa siswa memliki respon yang positif dan sebagian lagi kurang tertarik. Siswa yang memilki minat baca yang tinggi tentunya lebih antusias dengan penggunaan metode ini, sedangkan siswa yang kurang suka membaca kurang tertarik. Padahal untuk kelancaran proses pembelajaran, kegiatan membaca sangat diperlukan untuk memahami dan menemukan materi yang dibutuhkan. Seperti metode pembelajaran lainnya, dalam penerapan metode berbasis perpustakaan ini terjadi kendala yang dialami oleh guru dan siswa. Masalah yang dihadapi oleh guru adalah management kelas, waktu yang singkat dan perbedaan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Sedangkan untuk masalah yang dihadapi oleh siswa adalah tentang kurangnya minat membaca dan rasa grogi saat mempresentasikan tugas di depan kelas. Dan memberikan motivasi yang lebih bagi siswa yang kurang percaya diri dalam belajar. Namun juga terdapat kendala pada sarana dan pra sarana perpustakaan, yakni buku serta referensi yang kurang lengkap serta koneksi internet yang terkadang bermasalah juga menjadi kendala dalam metode ini. Tidak semua perpustakaan mempunyai buku yang dibutuhkan siswa. Ruang baca yang yang kutrang memadai juga menjadi kendala pada hal sarana dan pra sarana perpustakaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Perpustakaan, Siswa Kelas V, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:22
Last Modified: 21 Jul 2023 05:22
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item