UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TYPE JIGSAW DI SD NEGERI SRIWEDARI NO.197 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AKBAR MANUNTUN PRASETYO, D0314002 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Eny Kusumawati, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0607068601 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TYPE JIGSAW DI SD NEGERI SRIWEDARI NO.197 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (158kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Sriwedari No.197 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Dalam kegiatan penelitian ini peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui dua siklus perbaikan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perbaikan pembelajaran dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Mencapai ketuntasan belajar mengalami peningkatan yang signifikan, untuk aspek pengetahuan dari mulai prasiklus ke siklus I naik dari 17,86% menjadi 28,57%, dan dari siklus I ke siklus II naik dari 28,57% menjadi 89,28%. Dan jika dilihat dari hasil penelitian aspek pemahaman mulai dari prasiklus ke siklus I hanya sedikit mengalami kenaikan, tetapi pada siklus II naik mencapai 100%. Dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model discovery learning maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa memahami energi panas dan bunyi

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif type jigsaw, hasil belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:11
Last Modified: 24 Aug 2023 07:11
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item