MOCH. AMIN JABIRROSYIDIQ, D0313028 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI JATIREJO KECAMATAN NGARGOYOSO, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
Sjurnal jabir.pdf Download (286kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 38,09%, pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 66,6%, dan pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 90,47%.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 07:52 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:52 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |