Nasir Musrulliyanto, D0118005 and Pembimbing 1 Suci Prasasti, S.Pd., M.Pd., Kons, NIDN. 0606127503 and Pembimbing 2 Erik Teguh Prakoso, S.Pd, M.Pd, Kons, NIDN. 0617068101 (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASERTIVE UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
Artikel Nasir.pdf Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Layanan konseling kelompok teknik assertive siswa SMK Muhammadiyah 2 karanganyar (2) Tingkat stres akademik siswa SMK Muhammadiyah 2 karanganyar (3) ada tidaknya pengaruh layanan konseling kelompok teknik assertive untuk menurunkan tingkat stress akademik siswa SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 karanganyar. Jumlah sampel adalah 7 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data variabel x dan y adalah angket. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mencari ada dan tidaknya pengaruh dari variabel x dan y. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Karnganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan quesioner. Deskripsi hasil penelitian yang diperoleh dari pengumpulan data dengan instrumen penelitian skala likert. Berdasarkan table output SPSS versi 26, diketahui bahwa nilai sig shapiro-wilk pretest adalah senilai 0,073 dan pada posttest senilai 0,096 lebih besar dari 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas Kolmogorov-smirnov, dapat di simpulkan bahwa data terdistibusi normal Berdasarkan tabel output paired sample test diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 karena nilai kurang dari 0,000 maka H0 ditolah dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan Ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik assertive untuk menurunkan tingkat stress akademik siswa SMK Muhammadiyah 2 karanganyar tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan kesimpulan disarankan pada guru pembimbing sangatlah penting dalam memeberikan layanan konseling kelompok dengan teknik asertif ehingga siswa akan lebih mudah mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk meningkatkan prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Konselor sekolah diharapkan mampu menggunakan teknik yang sesuai dengan permasalahan dan tidak menutup kemungkinan untuk menggabungkan teknik yang digunakan dengan teknik yang lain sebagai teknik pendukung
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Konseling Kelompok, Teknik Asertive, Stres Akademik |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:27 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1316 |
Actions (login required)
View Item |