PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRIBBLING DENGAN METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKABOLA

Iwan Arya Kusuma, - and Widha Srianto, - (2021) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRIBBLING DENGAN METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKABOLA. jurnal ilmiah spirit, 21 (2).

[img] Text
spirit 2021.pdf

Download (350kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pengaruh antara latihan dribbling dengan metode latihan linier dan metode latihan non linier terhadap kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9–10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021. (2) Metode latihan dribbling yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan linier dan metode latihan non linier terhadap kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9–10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretestposttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa usia 9-10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021 berjumlah 50 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 orang dengan teknik random melalui undian. Dari 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian, dibagi menjadi dua kelompok dengan cara ordinal pairing. Kelompok 1 sebanyak 15 orang mendapat perlakuan latihan dribbling dengan metode latihan linier. Kelompok 2 sebanyak 15 orang mendapat perlakuan latihan dribbling dengan metode latihan non linier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan menggiring bola (dribbling) dari Nur Hasan (2001: 160-162). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Ikawati Hadi Utami A.Md
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:36
Last Modified: 23 Oct 2023 04:36
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item