IMPLEMENTASI PELAYANAN OPTIMAL DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PEGADAIAN CABANG SUKOHARJO

Febrianto Prabowo, C0119073 and Pembimbing 1 Abdullah Zailani, SE, S.Ag, M.Pd, M.Si, NIDN. 0010127201 and Pembimbing 2 Zandra Dwanita Widodo, - (2022) IMPLEMENTASI PELAYANAN OPTIMAL DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PEGADAIAN CABANG SUKOHARJO. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
NasPub_Febri (2) fix print.pdf

Download (927kB)

Abstract

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk menguji dan mengukur hubungan dan pengaruh secara parsial maupun secara simultan daya tanggap pelayanan, kecepatan transaksi, keberadaan pelayanan, profesionalisme, dan kepuasan menyeluruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. 2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan hubungan dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan pada PT Pegadaian Cabang Sukoharjo dengan subjek penelitian adalah nasabah perusahaan. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 nasabah, dengan Convinience Sampling. Hasil penelitian ditemukan baik secara parsial maupun secara simultan terdapat hubungan dan pengaruh positif signifikan kualitas pelayanan optimal yang terdiri dari daya tanggap pelayanan, kecepatan transaksi, keberadaan pelayanan, profesionalisme, dan kepuasan menyeluruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Daya tanggap pelayanan paling dominan berhubungan dan berpengaruhnya terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah/ konsumen dapat dijelaskan oleh daya tanggap pelayanan, kecepatan transaksi, keberadaan pelayanan, profesionalisme, dan kepuasan menyeluruh pelayanan sebesar 85,70. Sedangkan sisanya 14,30% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daya tanggap pelayanan, kecepatan transaksi, keberadaan pelayanan, profesionalisme, kepuasan menyeluruh pelayanan, kepuasan nasabah, regresi linier berganda
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:08
Last Modified: 23 Oct 2023 06:08
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item