PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRIBBLING DENGAN METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKABOLA

Iwan Arya Kusuma, - and Widha Srianto, - (2021) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRIBBLING DENGAN METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKABOLA. PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRIBBLING DENGAN METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKABOLA, 21 (2). ISSN 1411-8319

[img] Text
Article Jurnal Spirit 2021.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pengaruh antara latihan dribbling dengan metode latihan linier dan metode latihan non linier terhadap kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9–10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021. (2) Metode latihan dribbling yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan linier dan metode latihan non linier terhadap kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9–10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa usia 9-10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021 berjumlah 50 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 orang dengan teknik random melalui undian. Dari 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian, dibagi menjadi dua kelompok dengan cara ordinal pairing. Kelompok 1 sebanyak 15 orang mendapat perlakuan latihan dribbling dengan metode latihan linier. Kelompok 2 sebanyak 15 orang mendapat perlakuan latihan dribbling dengan metode latihan non linier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan menggiring bola (dribbling) dari Nur Hasan (2001: 160-162). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan linier dan metode latihan non linier terhadap kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9-10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021, dengan nilai perhitungan t hitung sebesar 5.471 dan t tabel sebesar 2,132 pada taraf signifikasi 5%. (2) Latihan dribbling dengan metode latihan linier lebih baik pengaruhnya daripada latihan dribbling dengan metode latihan non linier terhadap kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9-10 tahun Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Kabupaten Sragen tahun 2021. Kelompok 1 (latihan dribbling dengan metode latihan linier) memiliki peningkatan kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola sebesar 34.213%. Sedangkan kelompok 2 (latihan dribbling dengan metode latihan non linier) memiliki peningkatan kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola sebesar 31.381%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan, Kemampuan Dribbling, Sepakbola
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:44
Last Modified: 23 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item View Item