ROY BINTANG PAMUNGKAS, D0319006 and Pembimbing 1 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 and Pembimbing 2 Mohammad Ali Yafi, M.Pd, NIDN. 0602119301 (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN ANGGRASMANIS KEC. JENAWI, KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
SKRIPSI Roy Bintang Pam - Copy.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa, (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling random. Teknik Pengumpulan Data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesisi penelitian terdiri dari analisis regresi sederhana, analisis determinasi, dan uji t yaitu uji siginifikansi koefisien regresi sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa mendapatkan nilai rata-rata 75,50; (2) nilai indeks variabel pola asuh orang tua sebesar 75,27 yang berada pada kategori “tinggi”, pola asuh paling dominan yaitu pola asuh demokratis dengan persentase 81,48%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikansi pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (0,549>2,048). Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar metematika siswa kelas V SDN 02 Anggrasmanis.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | Pendidikan L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 05:51 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 05:51 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1506 |
Actions (login required)
View Item |