MARTIANA PUSPITASARI, D0118011 and Pembimbing 1 Eny Kusumawati, M.Pd, NIDN. 0607068601 and Pembimbing 2 Imam Setyo Nugroho, M.Pd, NIDN. 0624099102 (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIKUNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJARPADASISWA SMK SAHID SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
ARTIKEL.pdf Download (558kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa SMK Sahid Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan penelitian quasi experimental desaign. Quasi eksperimen adalah penelitian yang mengharuskan peneliti memberikan perlakuan dan meneliti perubahan dari perlakuan yang sudah diberikan. Model yang digunakan pretest-posttest control group design yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen sebanyak 9 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 9 siswa. Metode ini dilakukan dengan memberikan Pre-test (test sebelum diberikan perlakuan) dan Post-test (test sesudah diberikan perlakuan). Pada kelompok eksperimen diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan layanan. Populasi dalam penelitian ini mengambil subjek siswa kelas XI Tata Boga 3 yang berjumlah 25 siswa. Sample di ambil sebanyak 18 siswa, dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (pengambilan sampel berdasarkan tujuan) dengan menggunakan pertimbangan tertentu yaitu mencari siswa yang memiliki konsentrasi belajar rendah berdasarkan hasil penyebaran angket, dari 50 butir pernyataan telah tervalidasi sejumlah 30 butir item pernyataan. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai cronbach’s alpha > 0,60 dimana nilai 0,906 > 0,60. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji paired sampel t-test yang menunjukkan bahwa nilai > yaitu (-10,286)> 3,250, dan jika nilai sig.(2-tailed)< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterimayaitu sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Artinya penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa SMK Sahid Surakarta.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling Simbolik, Konsentrasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 05:58 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 05:58 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |