PERENCANAAN PERKERASAN JALAN KONTRUKSI RIGID PAVEMENT DENGAN METODE AASHTO 1993 (Studi Kasus : Jalan Juwiring - Karangdowo)

Yusuf Darmawan, A0118128 (2022) PERENCANAAN PERKERASAN JALAN KONTRUKSI RIGID PAVEMENT DENGAN METODE AASHTO 1993 (Studi Kasus : Jalan Juwiring - Karangdowo). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal TUGAS AKHIR Yusuf Darmawan.pdf

Download (812kB)

Abstract

Jalan merupakan prioritas utama dalam perkembangan suatu negara, jalan juga sebagai prasarana untuk masyarakat dalam melakukan aktifitasnya. jalan raya adalah salah satu prasarana yang akan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan suatu negara. Jalan mempunyai peranan penting dalam mewujudkan perkembangan kehidupan bangsa. Kesejahteraan masyarakat meningkat sehingga intensitas pengunaan jalan darat juga akan meningkat. Untuk itu di perlukan suatu perencanan jalan yang tepat dan efektif antara lain mempertimbangkan kapasitas jalan untuk jangka panjang, umur rencana dan fungsi jalan. Pengambilan data untuk perencanaan, diambil dari ruas jalan Juwiring-Karangdowo, di antaranya lalu lintas harian rata-rata (LHR) dilakukan survei pada tanggal 14 dan 17 Maret 2022, berisi perhitungan lalu lintas yang melewati jalan Juwiring - Karangdowo. Data California Bearing Ratio (CBR) dengan melakukan uji tanah menggunakan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) pada tanggal 20 April 2022, berisi perhitungan data CBR sebanyak 11 titik uji setiap 200 meter pada jalan Juwiring - Karangdowo. Data curah hujan diambil dari BPSDA Kabupaten Klaten. Berdasarkan analisis data yang didapat, diambil kesimpulan bahwa perencanaan struktur jalan Juwiring - Karangdowo menggunakan perkerasan kaku (Rigid Pavement), untuk metode perencanaan yang digunakan penulis adalah Metode AASHTO 1993. Setelah dilakukan perhitungan berdasarkan data-data yang diperoleh, di dapatkan tebal pelat 210 mm dengan lapis pondasi bawah (beton kurus) 100 mm, untuk kebutuhan tulangan didapatkan tulangan memanjang dan melintang Ø10 – 200 mm, diameter tiebar besi ulir ukuran 13 mm, panjang 63,5 cm dan jarak 120 cm, untuk diameter dowel yaitu 25 mm, panjang 450 mm dan jaraknya 300mm untuk gambar perencanaan penulis menggunakan Autocad 2017 sebagai sarana menentukan desain berdasarkan perhitungan yang sudah didapatkan. Estimasi Anggaran Biaya (RAB) dari perhitungan tersebut yaitu Rp.7.017.440.000.00

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:00
Last Modified: 30 Aug 2023 06:20
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item