PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN JALAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN CAWAS – BAYAT KLATEN DENGAN METODE AASHTO 1993

NURUL AHMADI, A0118105 (2022) PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN JALAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN CAWAS – BAYAT KLATEN DENGAN METODE AASHTO 1993. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Skripsi Ahmad.pdf

Download (585kB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi angkatan darat yang berfungsi sebagai penghubung antara daerah satu dengan daerah lainnya dan memiliki fungsi penting dalam sektor perekonomian, sektor sosial budaya, sektor pariwisata dan sektor keamanan nasional. Trasnportasi yang optimal diperlukan sarana dan prasarana jalan tranpotasi yang memadai, untuk itu diperlukan suatu perencanaan jalan yang tepat dan efektif antara lain mempertimbangkan kapasitas jalan untuk jangka panjang, umur rencana dan fungsi jalan. Penentuan tipe perkerasan jalan juga sangat penting bagi fungsi dan umur rencana jalan tersebut. Selain itu, penentuan tipe perkerasan jalan juga sangat berpengaruh dalam efisiensinya pengeluaran anggaran biaya yang digunakan untuk pembangunan perkerasan jalan. Dengan demikian perlu dikaji perkerasan mana yang lebih layak dan tepat untuk digunakan di daerah yang dimaksud, ditinjau dari sudut teknis maupun ekonomis.Pengambilan data untuk perencanaan, diambil dari ruas jalan Cawas – Bayat tepatnya dari Jembatan Sungai Jaran sampai ke Pertigaan Taman Ringin Banyuripan. Dengan titik awal penelitian yaitu STA 0+00 - STA 3+800. Pengambilan data tersebut diantaranya Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) dilakukan survey pada tanggal 28 – 29 Maret 2022, berisi perhitungan lalu lintas yang melewati jalan Cawas-Bayat. Data California Bearing Ratio (CBR) dengan melakukan uji tanah menggunakan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) pada tanggal 13 April 2022, berisi perhitungan data CBR sebanyak 19 titik uji setiap 200 meter pada jalan Cawas – Bayat. Data curah hujan diambil dari Badan Statistik Kabupaten Klaten.Berdasarkan hasil perhitungan perencaaan yang sudah dilakukan dan perhitungan estimasi anggaran biaya yang sudah dihitung, dapat disimpulkan bahwa struktur rigid pavement metode AASHTO 1993 dengan hasil perencanaan tebal rigid pavement 230 mm atau sama dengan 23 cm, kebutuhan tulangan yang didapat yaitu tulangan melintang ø 10-200 mm dan untuk tulangan memanjang didapat tulangan ø 10-200 mm. Dengan desain perkerasan kaku untuk jalan 2 jalur 2 arah tanpa median jalan tersebut, yaitu dengan lengan lebar jalan 3 meter dan jarak slab 6 meter. Dan estimasi anggaran biaya yaitu pada perencanaan struktur perkerasan kaku rigid pavement menggunakan metode AASHTO 1993 dengan hasil estimasi anggran biaya RP.14.774.926,676.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:21
Last Modified: 29 Aug 2023 07:45
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item