ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS TEMATIK TEMA 1 KELAS III SD NEGERI LOSARI NO. 153 SURAKARTA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA

HARLY ENDAH ADININGSIH, D0317003 and Pembimbing 1 Drs. Purwadi, S.Pd., M.Pd, NIDN. 0628015701 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS TEMATIK TEMA 1 KELAS III SD NEGERI LOSARI NO. 153 SURAKARTA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Artikel Skripsi-Harly Endah Adiningsih-D0317003.pdf

Download (388kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesesuaian penyajian materi yang tersusun dalam Buku Teks Tematik Tema 1 kelas III SD Negeri Losari No. 153 Surakarta dengan perkembangan kognitif siswa, (2) untuk mengetahui kesesuaian bahasa yang diterapkan dalam Buku Teks Tematik Tema 1 kelas III SD Negeri Losari No. 153 Surakarta dengan perkembangan kognitif siswa, (3) untuk mengetahui kesesuaian bentuk kegiatan latihan yang tersaji dalam Buku Teks Tematik Tema 1 kelas III SD Negeri Losari No. 153 Surakarta dengan perkembangan kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti melaksanakan penelitian ini di SD Negeri Losari No. 153 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Losari No. 153 Surakarta . Sumber data diperoleh dari informan yaitu guru kelas III dan siswa kelas III SD Negeri Losari No. 153 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Dilihat dari aspek kelayakan penyajian materi sudah sesuai dengan perkembangan kognitif siswa kelas III. Dilihat dari indikator penyajian sudah baik karena dalam pembelajaran buku teks sudah diarahkan pada pemusatan terhadap siswa dimana dalam penyajian materi dalam buku teks bersifat interaktif dan partisipatif. (2) Dilihat dari aspek bahasa, keruntutan dan keterpaduan bahasa antar bab yang satu dengan bab yang lainnya mencerminkan hubungan yang logis dan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual siswa. Bahasa yang digunakan dalam buku teks ini sudah sesuai dengan perkembangan kognitif siswa kelas III. Sedangkan kekurangannya terletak pada kelengkapan kebahasaan, yaitu glosarium yang belum dicantumkan. (3) Dilihat dari aspek kegiatan latihan soal atau penugasan sudah sesuai dengan perkembangan kognitif siswa kelas III usia 9 tahun yaitu tahap operasional konkret. Namun terdapat beberapa kegiatan latihan yang kurang sesuai yaitu pada subtema 1 terdapat gambar yang belum disertai penjelasan yang lebih dimengerti siswa. Pada subtema 4 ditemukan kegiatan latihan yang kurang relevan dengan tingkat perkembangan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku, Buku Teks Tematik, Perkembangan Kognitif Siswa.
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:28
Last Modified: 07 Dec 2023 06:28
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item