Indah Hari Utari, D0316011 and Pembimbing 1 Drs. Sukirno, M.Pd, NIDN. 0007074303 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2020) STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDN PLUMBON 02 MOJOLABAN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
Artikel skripsi Indah hari utari D0316011.pdf Download (596kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran jarak jauh, (2) Untuk mengetahui strategi penyampaian materi dan pemberian tugas dalam pembelajaran jarak jauh, (3) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh, (4) Untuk mengetahui kendala yang di hadapi oleh guru dalam menerapkan strategi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2020 di SDN Plumbon 02 Mojolaban pada peserta didik kelas IV, V, dan VI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan pada penelitian ini adalah menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode, sedangkan teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah dengan menggunakan media handphone, aplikasi yang digunakan adalah whatsapp. Pemberian materi dan penugasan yang diberikan melalui whatsapp dapat berupa video penjelasan materi secara singkat, melalui buku modul, tematik, LKS, TV dan youtube. Siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh dibantu oleh guru yang melakukan homevisite. Pihak sekolahan juga mengadakan masuk kelas secara berjadwal untuk membantu guru dalam penyampaian tugas maupun informasi lainnya. Kendala yang dihadapi oleh guru saat pembelajaran jarak jauh yaitu penyampaian materi secara online tidak seluas saat penyampaian materi pada pembelajaran konvensional, kendala pada baterai habis, tidak adanya sinyal.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran jarak jauh, strategi pembelajaran, pembelajaran online |
Subjects: | Pendidikan L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 06:32 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 06:32 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
View Item |