PELAKSANAAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS TINGGI DI SD NEGERI 3 MOJOAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021

LIYA SOFIANA, D0316031 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2020) PELAKSANAAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS TINGGI DI SD NEGERI 3 MOJOAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
artikel liya.pdf

Download (265kB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu kebutuhan setiap manusia, proses pendidikan itu dimulai sejak dini sampai tiada batasanya selama ia masih hidup. Proses pendidikan biasanya dilakukan saat pembelajaran dikelas. Namun pada kondisi saat ini kegiatan pembelajaran terhambat karena wabah Covid-19 yang mempengaruhi sistem pendidikan seluruh Indonesia. Terkait permasalahan pendidikan saat ini, khususnya pada sekolah dasar SD Negeri 3 Mojoagung mengupayakan tetap melakukan pembelajaran online. Proses pembelajaran online tersebut pastinya memiliki banyak kendala salah satunya motivasi belajar siswa. Berdasarkan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan belajar dalam proses pembelajaran berbasis online menggunakan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri 3 Mojoagung pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas tinggi, informan yang memberi data tambahan yaitu beberapa siswa SD N egeri 3 Mojoagung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan langkah, pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bawa pengaruh pelaksanaan belajar dalam proses pembelajaran berbasis online menggunakan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa SD kelas tinggi di SD Negeri 3 Mojoagung pada masa pandemi Covid-19, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) siswa lebih aktif mengenal teknologi, dimana hal tersebut dapat menambah wawasan dan pengalaman siswa dalam proses pembelajaran online (2) siswa aktif berperan menggali informasi dari proses pembelajaran online, hal tersebut diharapkan dapat menambah keatifan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran online secara mandiri (3) siswa lebih mandiri dan bertanggung jawab, dimana saat menyelesaikan masalah pembelajaran online diharapkan siswa lebih aktif, kreatif, dan bertanggung jawab (4) orang tua lebih mengenal anak dan kemampuan anaknya, dimana orang tua harus bisa memahami karakter anaknya dan selalu memberikan pengawasan, dorongan, serta dukungan saat belajar online (5) guru dan orang tua bisa berkomunikasi tentang perkembangan anak, kerja sama antar guru dan orang tua sangat dibutuhkan demi kelancaran pembelajaran online.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh pelaksanaan pembelajaran online, terhadap motivasi belajar, Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:42
Last Modified: 07 Dec 2023 06:42
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item