ANALISA RESIKO KECELAKAAN KERJA PEMBANGUNAN BENDUNGAN JLANTAH KABUPATEN KARANGANYAR MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS)

YUSRIL ADI PRATAMA, A0117100 (2022) ANALISA RESIKO KECELAKAAN KERJA PEMBANGUNAN BENDUNGAN JLANTAH KABUPATEN KARANGANYAR MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Yusril ADI PRATAMA_A0117100.pdf

Download (288kB)

Abstract

Manajemen resiko di proyek konstruksi bertujuan untuk meminimalkan dampak terhadap keselamatan, kesehatan, dan lingkungan kerja. dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman, sehat, efisien dan produktif sebagaimana ketentuan di OHSAS 18001. Tugas Akhir ini berjudul “Analisa resiko kecelakaan kerja pembangunan Bendungan Jlantah Kabupaten Karanganyar Dengan Metode FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS)”. Proyek tersebut merupakan icon terbaru kota Karanganyar. Potensi resiko mungkin juga terjadi pada proyek konstruksi Bendungan Jlantah. Berdasarkan fenomena yang di lihat pekerjaan shotcrete pembangunan bendungan Jlantah memiliki potensi kecelakaan kerja yang tinggi. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi resiko-resiko kecelakaan kerja yang paling dominan dan untuk mengetahui tindak mitigasi kecelakaan kerja pada pekerjaan Shotcrete proyek pembangunan bendung Jlantah di kabupaten Karanganyar.Dalam penelitian ini menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Metode FMEA berguna untuk mengidentifikasi dan menghilangkan kesalahan atau penyimpangan dalam sistem sebelum mereka menyebabkan masalah. 3 hasil RPN tertinggi failure mode pekerjaan shotcrete pembangunan bendungan jlantah adalah : pekerjaan pemasangan wiremesh dengan mode kegagalan pekerja kurang berhati hati, pekerjaan shotcrete dengan mode kegagalan alat tidak bekerja dengan baik dan pekerja tidak memakai APD dengan lengkap, dan pekerjaan house keeping dengan mode kegagalan lingkungan proyek yang kurang bersih. 3 hasil maksimum RPN kemudian dianalisis dengan metode FMEA kenudian didapatkan nilai RPN rendah. Maka hal tersebut membuktikan bahwa pengendalian resiko yang direkomendasikan berhasil.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:50
Last Modified: 30 Aug 2023 06:22
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item