PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN BERBASIS APLIKATIF TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI

TANTRI MANDELASARI, D0219123 and Pembimbing 1 Agus Supriyoko, S.Pd, M. Or, NIDN. 0616088003 and Pembimbing 2 Drs. Widagdo, M.Pd, NIDN. 0624126101 (2023) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN BERBASIS APLIKATIF TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
1 COVER skripsi.pdf

Download (647kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan berbasis aplikatif terhadap peningkatan ketrampilan servis atas dalam Permainan bolavoli (Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Interval Dan Continyu Pada Atlet Putra Pembinaan Prestasi Bolavoli UTP Tahun 2023) dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara metode interval dan continyu terhadap ketrampilan servis atas dalam permainan bolavoli pada atlet putra Pembinaan Prestasi bolavoli UTP Tahun 2023. Sampel penelitian adalah pada atlet putra Pembinaan Prestasi bolavoli UTP dengan jumlah 32 atlet. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil kemampuan servis atas dengan latihan interval dan continyu sebagai variabel bebas serta hasil ketrampilan servis atas variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui ketrampilan servis atas menggunakan tes ketrampilan servis atas menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Pusat Kesegaran Jasmani, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2003: 6). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode interval dan continyu terhadap ketrampilan servis atas dalam permainan bolavoli pada atlet putra Pembinaan Prestasi bolavoli UTP Tahun 2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 2.730 lebih besar dari pada ttabel = 2.145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Metode Continyu lebih baik pengaruhnya dari pada metode interval Terhadap ketrampilan servis atas dalam permainan bolavoli pada atlet putra Pembinaan Prestasi bolavoli UTP Tahun 2023. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan servis atas dalam permainan bolavoli menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode interval) adalah 11.852% < kelompok 2 (kelompok yang mendapat metode continyu) adalah 13.359%..

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan Interval dan Continyu dalam Bolavoli
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:46
Last Modified: 03 Jan 2024 07:46
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item